Yenni Salfianis

Lahir di Koto Baru kec.x koto tanggal 23 Januari 1962. Mulai bertugas menjadi guru sejak tahun 1981 sampai sekarang. Saat ini bertugas di Sdn 05 Baringin ...

Selengkapnya

pendidikan karakter

Mendidik itu tidak semudah mengajar.Mendidik butuh proses yang sangat panjang.Hasil dari pendidikan itu tidak akan langsung dirasakan saat kita mendidik, misalnya saat kita melakukan belajar dengan cara tugas kelompok. Siswa duduk dalam kelompok nya yang heterogen, berbeda kemampuan belajar , latar belakang sosial ekomi mereka. Dalam kelompok bagi siswa yang terbiasa dilayani keperluannya di rumah , maka sisiwa itu di sekolahpun akan melakukan kebiasaan yang sama.Siswa tersebut akan menyuruh temannya mengerjakan tugasnya.Hal ini jangan sampai luput dari pengamatan kita sebagai guru.Bagaimana cara mengatasinya? Dengan cara diskusi kelompok siswa tersebut bisa kita didik untuk bertanggung jawab pada dirinya sendiri. Setiap anggota kelompok mendapat tugas yang berbeda yang harus diselesaikannya, diakhir kegiatan siswa melaporkan hasil diskusinya bersama. Siswa tampil ke depan kelas mempresentasekan hasil kerja kelompoknya didampingi oleh anggota kelompok yang lain.Kelompok yang dibuat adalah kelompok kecil, misalnya anggotanya cuma 3 orang saja.Tiap-tiap anggota harus bekerja sesuai aturan nya.Maka dengan demikian , siswa akan terbiasa mengerjakan tugasnya masing-masing dengan rasa tanggung jawab.Diharapkan ini akan berdampak pada kehidupannya sehari-hari dimanapun mereka berada.

M
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Sip. Perlu tekun dan kesungguhan. Salam.

01 Mar
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali